Selasa, 04 Oktober 2016

MENAMPILKAN DATABASE MYSQL DENGAN PHP

Setelah tutorial menghubungkan PHP dan MySQL dengan XAMPP, sekarang kita akan menampilkan database MySQL yang telah kita isi sebelumnya.
Tutorial ini membutuhkan file connect.php yang bertugas membuat koneksi ke MySQL dan file php yang saya beri nama tampilkandb.php untuk menampilkan database MySQL.

Untuk file connect.php bisa di download disini.

Apabila agan masih belum punya database saya sarankan untuk membuat database dan tabel pelanggan dengan susunan seperti di bawah, agar bisa mengikuti tutorial ini.

Nama database : Tutorial
Nama tabel : Pelanggan

Struktur tabel
Nama KolomAtributValues
IDPelangganVarchar25
AlamatVarchar25
JKelaminVarchar1

Lalu isi tabel tersebut dengan data sebagai berikut :
IDPelanggannamaalamatJKelamin
PEL001AndiSitubondoL
PEL002AmirBanyuwangiL
PEL003AfiSidoarjoP

Lalu agan buka file editor dan ketikkan kode berikut :



Hasil yang akan di tampilkan adalah seperti gambar di bawah :


penjelasan :



fungsi include di atas adalah memanggil file connect.php agar fungsi yang ada di dalam file connect.php bisa digunakan dalam file php ini. agan bisa download source code file connect.php disini.



menjalankan query mysql untuk menampilkan semua data dari tabel pelanggan dengan fungsi mysqli_query(). variabel $link adalah variabel yang ada dalam file connect.php yang berisi kode untuk menyambungkan mysql dengan php. dalam versi PHP yang lama, kita hanya perlu menggunakan mysql_query(), namun fungsi tersebut kedepannya akan dihapus jadi saran saya sebaiknya agan menggunakan fungsi mysqli_query()



menulis kan string tersebut di atas ke layar, berfungsi untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya, bisa dibilang
mempunyai fungsi yang sama seperti tombol enter dalam microsoft word.



inilah kode inti dalam menampilkan data tabel pelanggan. fungsi while() disini adalah melakukan perulangan / looping untuk melakukan pencetakan data selama fungsi mysqli_fetch_array() dijalankan. variabel $data menampung hasil dari fungsi mysqli_fetch_array() dalam bentu array. Array $data[0],$data[1], dst. adalah variabel array yang menunjukkan posisi data mulai dari kolom paling kiri.

cukup mudah bukan?
saya yakin agan semua pasti bisa, buat agan yang ga mau repot untuk mengetik kodenya, agan bisa download kode nya disini.

jangan lupa bookmark dan dan nantikan tutorial ane lagi yang insya allah saya update satu minggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar