Senin, 17 Oktober 2016

MEMBUAT FORM UNTUK MENYIMPAN DATA DENGAN PHP DAN MYSQL

Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana membuat form untuk memasukkan dan menyimpan data ke database. file yang dibutuhkan untuk tutorial kali ini adalah :
1. Connect.php
2. Formsimpan.php
3. Simpandata.php
Agan bisa klik di nama file nya untuk mendownload source code nya.
Mari kita mulai tutroial nya. Untuk file connect.php, penjelasannya sudah ada di tutorial sebelumnya. Pertama, agan buka file formsimpan.php yang berisi kode seperti berikut :




Kode diatas akan menghasilkan tampilan seperti dibawah ini :


Penjelasan :



Margin:auto;
Meletakkan div ditengah layar

Border:solid 2px;
Boder-color:#666666;
Border dari div sebesar 2px dengan type solid dan warna abu-abu gelap

Width:25%;
Ukuran lebar div 25% dari lebar layar. Jika agan memakai atribut dengan nilai % maka lebar div mengikuti lebar layar agan. Contoh, jika saya memakai width:50% dan lebar layar saya 1200px maka, lebar div saya 600px. Jika lebar layar dikecilkan 1000px, maka lebar div juga akan mengecil menjadi 500px

Background-color:#CCCCCC;
Memberi warna background dengan abu-abu terang


Tag div ini bertugas menjadi tempat membuat Form. Dan agar lebih memudahkan mengatur letak tag input maka saya menggunakan tabel. Form tersebut mempunyai 4 tag input yang akan diisi dengan data yang akan disimpan. Dan satu tombol submit untuk memproses form tersebut.
Ketika tombol submit ditekan maka data yang terisi dalam setiap tag input akan disimpan ke dalam variabel-variabel dengan nama seperti di bawah ini.


Variabel-variabel, yaitu IDPel, nama, alamat, Jkelamin akan dikirim ke file simpandata.php untuk diproses lebih lanjut.

Form yang saya gunakan ini menggunakan atribut method=GET, metode GET maksudnya ketika tombol submit ditekan, maka data yang akan dikirim tidak akan di tampilkan di address bar. Hal ini bisa melindungi data yang agan kirim agar tidak mudah diketahui orang lain. Bertentangan dengan method=GET, method=POST menampilkan data yang agan kirim.

Setelah proses di file formsimpan.php selesai, kita beralih ke file simpandata.php, yang berisi kode seperti berikut :





Penjelasan :

Kita pakai include “connect.php”; untuk membuat koneksi dengan MySQL.



Kode di atas digunakan untuk mengambil variabel yang dikirim oleh file formsimpan.php dan disimpan dahulu ke dalam variabel lokal untuk selanjutnya dilakukan proses penyimpanan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kita dalam menangani pencarian error.



Kotak Merah : Variabel $query1 berisi query untuk menampilkan tabel yang idpelanggan nya mempunyai nilai yang sama dengan variabel $idpelanggan. Dan perintah mysqli_num_rows() bertugas untuk menghitung ada berapa baris hasil dari perintah variabel $query1.
Lalu perintah selanjut nya, dilakukan pengujian dengan fungsi if($row==0). Fungsi ini bertujuan untuk menentukan langkah selanjutnya bergantung hasil dari mysqli_num_rows(). jika hasil dari mysqli_num_rows() adalah 0 yang artinya tidak ada nilai idpelanggan dalam tabel pelanggan yang sama, maka kode dibawah ini akan di jalankan.

Kotak Oranye : query untuk memasukkan variabel-variabel yang telah dikirim formsimpan.php ke database Mysql.

Apabila hasil dari mysqli_num_rows() bernilai selain 0 yang artinya ada data idpelanggan dalam tabel pelanggan yang sama maka kode di bawah ini akan dijalankan


Hal ini bertujuan agar jangan sampai ada nilai idpelanggan yang sama.

Mudah kan gan? Untuk saran dan kritiknya kasih komentar di bawah ya gan ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar