Kamis, 01 September 2016

Teknologi Web (Part I)

Hai agan-agan semua, selamat datang di blog baru ane zafeeya tutorial. Oh ya langsung aja ya untuk tutorial pertama ane ini adalah tentang Teknologi Web.

Agan pernah browsing di internet? Pasti pernah.
Agan tau cara kerja web browser ( Chrome, Opera, UC Browser)? Ada yang tau ada yang ga.

Untuk tutorial kali ini saya menjelaskan cara kerja website.

Cara kerja website yang ada di internet adalah dengan mode client-server, dengan kata lain ada yang namanya client dan ada server.


Dalam hal ini, yang disebut server adalah semua komputer yang tersambung ke internet dan menyediakan informasi di internet, sedangkan client adalah sebuah software komputer yang bisa meminta informasi tersebut dari server, software ini biasa disebut dengan web browser ( chrome, opera, UC Browser, dll).

Dalam komputer server terdapat aplikasi yang disebut Web Server. Aplikasi inilah yang melayani permintaan web browser (client). Jadi web server dan web browser saling berkomunikasi untuk menyediakan informasi yang diinginkan oleh pengguna.


Lalu bagaimana cara mereka berkomunikasi? Web server dan web browser berkomunikasi dengan protokol HTTP. Jika kita analogikan protokol HTTP adalah cara yang digunakan web server dan web browser untuk saling merespon permintaan masing-masing, contoh : saat kita melakukan panggilan telepon dan telepon diangkat maka respon kita adalah mengucapkan "Halo", dan orang yang kita telepon secara otomatis akan merespon ucapan kita dengan kata "Iya, Halo dengan siapa?" dan seterusnya.

Karena Web Server melayani permintaan web browser, maka file yang dibutuhkan web browser berada di komputer web server, seperti File seperti dokumen, video, dan data-data lain. Dan web browser bertugas untuk menampilkan file-file tersebut melalui media yang dinamakan Web Page (halaman web).

Seperti hal nya web server dan web browser yang menggunakan HTTP untuk berkomunikasi, web pages juga memiliki bahasa sendiri untuk menampilkan konten yang disediakan web server. Terdapat 3 bahasa yang digunakan web page untuk menjalankan fungsinya, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheet), dan Javascript.






HTML

Web page adalah sebuah dokumen yang menampilkan konten yang disediakan oleh web server. Sedangkan HTML bertugas untuk mengatur format dan tata letak dari konten tesebut saat ditampilkan.
Kita ambil contoh ketika kita membuat sebuah dokumen pada MS. Word, maka dokumen yang kita buat adalah Web Page dan MS. Word nya adalah HTML nya, karena dengan MS. Word kita bisa mengatur Header, Spasi, dan tataletak dokumen.
MS. Word menyediakan tombol-tombol untuk kita agar bisa mengatur tampilan sebuah dokumen sesuai keinginan, namun bagaimana cara kerja tombol-tombol tersebut tidak bisa kita lihat pada dokumen, karena yang kita lihat adalah hasil dari kerja tombol-tombol tersebut. Cara kerja MS. Word tersebut sama dengan HTML.

CSS

CSS mempunyai fungsi yang hampir sama dengan HTML, hanya saja jika HTML mengatur format dan tata letak, maka CSS bertugas mengatur style dari tiap-tiap elemen yang di atur oleh HTML, seperti aligment, font, warna font dll.

Javascript

Fungsi dari javascript adalah untuk merespon interaksi pengguna dengan web page, seperti contoh : saat pengguna melakukan klik pada tombol di web page, javascript bisa merespon klik tersebut sesuai keinginan si pembuat kode.

Ketiga bahasa di atas diproses langsung oleh web browser sehingga dinamakan client side program. Web browser juga memiliki bahasa sendiri juga dalam memproses pemintaan web browser dan web browser juga bisa menggunakan ke 3 bahasa di atas. Bahasa tersebut diantaranya .NET, perl, phyton, java, dan juga PHP.

Bersambung ke Part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar