Jumat, 02 September 2016

Teknologi Web (Part II)

Halo agan-agan semua setelah artikel teknologi web part 1, ini adalah kelanjutannya. Kali ini saya akan membahas tentang Bahasa Web Server.
Pada artikel sebelumnya dijelaskan bahwa web server dan web browser berkomunikasi dengan protokol/bahasa HTTP. dan web page yang ditampilkan web browser memakai bahasa HTML, CSS, Javascript. Lalu bagaimana dengan web server ? web server juga memakai bahasa sendiri dalam memproses setiap permintaan yang datang.


Banyak pilihan bahasa yang bisa digunakan, seperti microsoft .net, perl, phyton, PHP, dan lain-lain, disamping itu web server juga bisa menggunakan bahasa yang dipakai web browser. Dalam prosesnya web server juga bisa menyimpan data yang diperlukan dengan aplikasi database, seperti MySQL.
Diantara bahasa web server tersebut di atas, yang paling populer dipakai adalah PHP dan MySQL sebagai penyimpan datanya, yang nanti akan saya gunakan pada tutorial-tutorial selanjutnya.

jika web server memiliki bahasa sendiri untuk memproses permintaan sekaligus bisa menggunakan bahasa web page, lalu bagaimana jika permintaan web browser berupa bahasa PHP? bukankah Web Page tidak bisa menampilkannya karena tidak bisa menggunakan bahasa tersebut? jawabnya, informasi yang dikirim oleh web server tersebut sudah diterjemahkan oleh web server berupa file HTML.

Oleh karena itu ketika kita membuka web browser dan mengetikkan alamat seperti contoh, www.alamatweb.com/index.php ketika halaman sudah ditampilkan dan kita simpan halaman tersebut maka yang tersimpan di komputer berupa file index.html

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, bahwa untuk tutorial-tutorial berikut nya saya akan memakai PHP dan MySQL dalam membuat web. kenapa saya memakai PHP dan MySQL? pertama, karena paling populer sehingga tentu saja ada banyak komunitas yang akan membantu kita ketika ada kesulitan. kedua, pemakaiannya sangat fleksibel dan cepat saat digunakan dan tidak repot untuk menyambungkan keduanya. ketiga, ini yang paling penting yaitu PHP dan MySQL itu Gratis, sudah populer, cepat, gratis lagi siapa coba yang ga mau hehehe....

Sepertinya apa yang sudah saya sampaikan sudah cukup mengenai teknologi web, jadi ini adalah part terakhir dari “TEKNOLOGI WEB”

Nantikan artikel saya berikutnya di blog ini ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar